Kamis, 18 Mei 2017

Kuliah jurusan tata rias dan kecantikan

kuliah jurusan tata rias dan kecantikan ngapain? 
kuliah jurusan tata rias dan kecantikan buat apa?
kuliah jurusan tata rias dan kecantikan cuma dandan?
kuliah jurusan tata rias dan kecantikan enak banget kayaknya praktek terus
Ngapain kuliah lama-lama ambil nya jurusan tata rias dan kecantikan?

Mungkin itu adalah kalimat yang sering saya dengar dari orang-orang yang asing dengan jurusan ini, memang beda banget kalo di banding juruan seperti management, kedokteran, psikologi dan sebagainya.
Saya Mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta, saya mengambil jurusan yang memang akan saya bahas disini yaitu ''jurusan tata rias dan kecantikan'' dan jangan salah disini jurusan ini masuk fakultas teknik wkwkw

oke.. buat kalian yang emang belum tau apasih yang kita pelajari di jurusan ini? ngapain aja sih? Makeup doang? bikin alis?
memang kebanyakan orang beranggapan seperti itu, saya tidak menyalahkan juga tapi tunggu dulu...

1. kuliah jurusan tatarias dan kecantikan cuma makeup?
Tidak dipungkiri memang makeup itu pasti masuk dalam mata kuliah, tapi makeup disini bukan hanya sekedar bagaimana membuat alis yang ideal atau sama antara kanan dan kiri. Selama masuk jurusan ini kita juga dapet materi Anatomi Fisiologi dan Kesehatan kulit yang emang pembahasan lebih menjuru ke IPA, seperti struktur tulang, rangka, otot, lapisan kulit, lapisan rambut. Kita disini bukan hanya sekedar bisa makeup tapi harus bisa tau bagaimana kondisi kulit dan rambut, bahkan kelainan dari kulit dan rambut seperti beberapa jenis jerawat dan kelainan pada rambut. Sebagai anak tata rias dan kecantikan kita juga bisa memberikan saran kepada orang lain tentang kulit dan rambut yang memang bemasalah, seenggaknya kita bisa ngasih solusi untuk mereka.
gak cuma itu, kita masih mempelajari juga pendidikan konsumen, kalo ini lebih ke bagaimana nanti sikap kita sebagai seorang wirausaha, bahkan kita akan membahas ''pembeli yang cerdas'' bagaimana seharusnya kita saat berbelanja, mengelola keuangan, ya lebih ke management nya kalo ini


2. Makeup terus praktek nya?
Nah ini yang salah, gak cuma makeup aja ya, disini kita mempelajari facial, tata rias, sanggul, body spa, manicure, pedicure, nail art dan masih banyak lagi, untuk riasan nya sendiri juga gak bisa dibilang cuma, karena kalian nantinya akan diajari rias pengantin dari berbagai daerah dengan ciri khas nya masing2 bahkan kalian harus tau adat pernikahan dari setiap daerah tersebut  ini gak semudah yang kalian bayangin belum lagi nanti sanggulnya dari setiap daerah dan belum sampe disini, masih ada ketambahan gimana cara pake busana dan acecorisnya, tau sendiri di Indonesia ada berapa Daerah sendiri dengan ciri khas yang berbeda, gak cuma itu aja nanti kita akan mempelajari facial juga dan di mata kuliah ini kalian harus menjadi wanita sesungguhnya HA-HA karena disini kebersihan bener-bener diutamkan,ya namanya juga mau pegang2 muka orang hehe di mata kuliah ini gerakan massage nya pun ada berbagai macam yang harus dihafalkan,belum alat alat yang dipake pada saat pelaksanaan facial..gak semudah itu kan masuk jurusan ini?

3. Prospek kedepan nya apa sih?
menurutku ini yang paling penting sih,sebelum masuk ke jurusan ini kamu harus tau prospek kedepannya yang bakal kamu dapetin apa aja sih? yang pasti kamu bisa buka usaha seperti rias pengantin atau kalo sekarang hits nya MUA hehe , salon kecantikan , menjadi beuthy therapis , membuka salon spa , menjadi  guru atau dosen kecantikan karena nanti kamu juga akan diajari bagaimana cara mengelola usaha mulai dari tata letak nya, cara menghitung keuangan nya dan masih banyak lagi

semua tetep kembali ke diri masing-masing,yang penting niat dari hati yang penting tulus haha karena kalo kita udah ikhlas dan tulus kedepannya bakal enteng dan happy.aku bakal share beberapa foto dan vidio  yang kita lakuin selama praktik di kampus.







ini beberapa artist yang sudah aku makeup,  kebetulan aku magang di MNC Group,  jadi pegang indonesia idol juga waktu itu hehe kalian juga bisa loh magang di TV,  bahkan ada yang magang di jepang! πŸ’• kalo mau cek hasil makeup atau perjalanan makeupku langsung cek ke @ratuayu.mua yak!  Jangan lupa sapa aku biar kita bisa ngobrol banyak hehe


Nah ini mata kuliah peragaan busana,  gak bisa pake heels?  Tenang!  Semua bakal dibimbing loh sama dosennya,  yang paling seru kalian bikin acara sendiri,  show sendiri dengan makeup dan sanggul fantasi buatan sendiri. Ini yang ninyon banyak bangeettt guys haha karena emang unik sih. Coba kalian cek video nya deh,  unik banget makeup nyaa! 




TARAAAA!!!  nah ini hasil makeup waktu Tugas Akhir,  apasih Tugas Akhir?  Ini bisa dibilang skripsi juga sih,  karena disini D3 jadi tugas akhirnya bikin kostum dan makeup gini, nanti kita yang buat pertunjukannya juga,  sekalian belajar Event Organizer! Kebetulan saat itu saya jadi ketua acaranya guys hehe memang pusing banget waktu Tugas Akhir :') bayangin aja ngurus event besar dengan panitia kita sendiri dan cewek semuaaa!!!  Hahaha

Yey!!  Alhamdulillah dapet bonus dari acara sendiri😁😁


Alhamdulillah KAMI LULUS MAK!! πŸ’•πŸ’•

Untuk hasil makeup atau hairdo ada di instagram @ratuayu.mua disana lengkap banget selama dikampus makeup seperti apa aja yang aku pelajari! 

Terimakasih semuanya!!  Semoga kalian bisa menjadi bagian dari kami ya! 🌼






28 komentar:

  1. Bagus.. ♥️ Dapat pengetahuan baru ni.. πŸ‘πŸ˜Š

    BalasHapus
  2. Wah bagus..dpt pengetahuan baru nih

    BalasHapus
  3. Kak, saya anak ipa, kelas 2 sma, saya berminat masuk universitas negeri jurusan tata rias , tapi nilai pelajaran saya pas-pasan, apa ada kemungkinan saya masuk universitas negeri jurusan tata rias ?? Kalau kakak ada waktu, bisa tolong jawab pertanyaan saya:), terima kasih ~

    BalasHapus
  4. Kak ada tes tinggi badan minimal berapa gak untuk jurusan tata kecantikannya?..
    Mohon share jawabannya yah kak 😊

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Ka anak ipa bisa masuk tata rias ga?

    BalasHapus
  7. Haloo menjawab semuanya yaaa. Anak IPA atau IPS bisa masuk jurusan ini, hnya saja tes nya tetap IPS. Bisa lewat jalur mandiri (tes tertulis) atau jalur prestasi ( tidak harus berhubungan dengan tata kecantikan) untuk masuknya juga tidak ada tes fisik, hnya saja surat bebas narkoba dan tidak boleh ber tatto. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. tes jalur prestasinya seperti apa ya kak

      Hapus
  8. Kak saya baru saja lulus smp dan saya berminat untuk masuk jurusan tata rias dan kecantikan. Apakah saya harus masuk sma dan jurusan apa yang harus d'ambil? Ipa atau ips? Trma ksh :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada loh jurusan smk tata rias dan kecantikan kalau memang dari awal niat kuliahnya mau tata rias, akan lebih mudah mengikuti setiap stepnya

      Hapus
  9. Kak aku mau masuk uny jurusan tata rias dan kecantikan tapi jurusan nya kok ga ada ya ka waktu aku mau milih ?

    BalasHapus
  10. Kak aku kemaren berhenti sekolah karna orang tua ga ada biaya harusnya kelas 2 sma. Sekarang aku kerja di salon buat nabung rencana mau ambil paket c tahun depan. Apa bisa kak ya masuk uny jurusan tata rias dan kecantikan?

    BalasHapus
  11. Kalau mau ikut sbmptn di prodi tata rias uny..,kok di daftar prodi uny tidak tercantum ya...,jd bagaimana ini ndaftarnya..bingung

    BalasHapus
  12. Sbmptn gak ada kah? Coba cek di web nya uny yaa. Oiya untuk jurusan tata rias dan kecantikan ini masuk fakultas teknik ya, masuk ke kategori PTBB. Coba cari info ke teknik nya.

    BalasHapus
  13. Halo semuanya, sekedar share pengalaman aja. Dulu saya lulusan smk tata rias dan kecantikan, waktu masuk UNY saya ikut jalur prestasi,jalur ini menyertakan nilai rapot ( setiap semester nilainya harus bagus) dan sertifikat prestasi ( tidak harus berhubungan dengan tata rias ) jadi Alhamdulillah masuk tanpa tes, nah kalo pada saat itu ada tes mandiri juga, tes ini tertulis, bisa dilihat alur nya di web uny. Soalnya sendiri IPS yaa. Oiya di UNY ini d3 dan d4 bukan s1. Kalo s1 masuknya pendidikan nanti gelarnya setelah lulus S.pd kalian bisa kuliah di jakarta/surabaya aja karena mereka tata rias s1, sedangkan di UNY d3/d4 lebih banyak prakteknya!πŸ’š semoga membntu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya jurusan apa saja bisa masuk, kan kalian tes mandiri nanti (soshum) jadi hasil akhir kalian tes menentukan masuk/enggak.

      Hapus
    2. Kak. Sblumnya kan uny tatakecantikan itu d3 dan katanya 2020 udah ganti d4. Itu tetep ada d3 apa cuma d4 ya? Dan kalo d4 itu tugas akhir apa skripsian ka?

      Hapus
    3. Kurang tau juga sih dek, karena waktu lulus belum ada d4 :') kalo untuk tugas akhir masih sama kok dek. Mungkin yang membedakan pembuatan laporannya.

      Hapus
  14. Kak saya dari jurusan bahasa kira kira bisa gak ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua jurusan bisa ya, karena masuknya lewat test :)

      Hapus
  15. Kalo di tata rias itu yang di pelajari ap aj kak

    BalasHapus